Jumat, 10 Januari 2014

TULISAN KE VII




PRINSIP-PRINSIP ACTUATING
Dalam manajemen, pengarahan bersifat sangat kompleks karena menyangkut manusia, juga menyangkut berbagai tingkah laku dari manusia-manusia itu sendiri. Manusia dengan berbagai tingkah laku yang berbeda-beda, memiliki pandangan serta pola hidup yang berbeda pula. Oleh karena itu, pengarahan yang dilakukan oleh pimpinan harus berpegang pada beberapa prinsip, yaitu:
a.       Prinsip mengarah pada tujuan
Tujuan pokok dari pengarahan nampak pada prinsip yang menyatakan bahwa makin efektifnya proses pengarahan, akan semakin besar sumbangan bawahan terhadap usaha mencapai tujuan. Pengarahan tidak dapat berdiri sendiri,artinya dalam melaksanakan fungsi pengarahan perlu mendapatkan dukungan/bantuan dari factor-faktor lain seperti : perencanaan, struktur organisasi, tenaga kerja yang cukup, pengawasan yang efektif dan kemampuan untuk meningkatkan pengetahuan serta kemampuan bawahan.
b.      Prinsip keharmonisan dengan tujuan
Orang-orang bekerja untuk dapat memenuhi kebutuhannya yang mungkn tidak mungkin sama dengan tujuan perusahaan. Mereka mengkehendaki demikian dengan harapan tidak terjadi penyimpangan yang  terlalu besar dan kebutuhan mereka dapat dijadikan sebagai pelengkap serta harmonis dengan kepentingan perusahaan. Semua ini dipengaruhi oleh motivasi masing-masing individu. Motivasi yang baik akan mendorong orang-orang untuk memenuhi kebutuhannya dengan cara yang wajar. Sedang kebutuhan akan terpenuhi apabila mereka dapat bekerja dengan baik, dan pada saat itulah mereka menyumbangkan kemampuannya untuk mencapai tujuan organisasi.
c.       Prinsip kesatuan komando
Prinsip kesatuan komando ini sangat penting untuk menyatukan arah tujuan dan tangggung jawab para bawahan. Bilamana para bawahan hanya memiliki satu jalur didalam melaporkan segala kegiatannya. Dan hanya ditujukan kepada satu pimpinan saja, maka pertentangan didalam pemberian instruksi dapat dikurangi, serta semakin besar tanggung jawab mereka untuk memperoleh hasil maksimal.

MENCAPAI  ACTUATING MANAGERIAL YANG EFEKTIF
Beberapa cara untuk mencapai motivasi yang efisien, dalam bidang management, diantaranya:
a.                   Usaha agar orang-orang merasa dirinya penting 
b.                  Usahakanlah untuk mengetahui perbedaan-perbedaan individu. 
c.                   Usahakan agar saudara menjadi pendengar yang baik. 
d.                  Hindarkan timbulnya perdebatan-perdebatan. 
e.                   Hormatilah perasaan orang lain. 
f.                   Gunakanlah pertanyaan/percakapan untuk mengajak orang-orang bekerja keras. 
g.                  Janganlah berusaha untuk mendominir. 
h.                  Ingatlah bahwa kebanyakan orang-orang adalah tamak. 
i.                    Praktekanlah management partisipatif 
j.                    Berikanlah perintah-perintah jelas dan lengkap. 
k.                  Gunakanlah instruksi-instruksi 
l.                    Selenggarakan pengawasan (supervisi) yang efektif.
SUMBER
·         Mulyono. (2008). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
·         K, Soekarno. (1986). Dasar Dasar Manajemen. Jakarta : Miswar.
·         Kadarman, A.M. et.al. (1996). Pengantar Ilmu Manajemen. Jakarta, Gramedia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar