Jumat, 10 Januari 2014

TULISAN KE IV



1.      Pengorganisasian
Pengorganisasian merupakan sebuah aktivitas penataan sumber daya manusia yang tepat dan bermanfaat bagi manajemen, dan menghasilkan penataan dari karyawan. Hal pokok yang perlu diperhatikan dari pengorganisasian :
a.       Menentukan arah dan sasaran satuan organisasi,
b.      Menganalisa beban kerja masing – masing satuan organisasi.Membuat job description ( uraian pekerjaan)
c.       Menentukan seseorang atau karyawan yang berdasarkan atas pertimbangan arah dan sasaran,bebankerja, dan urian kerja dari masing – masing satuan organisasi.
2.      Struktur Organisasi
Struktur Organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian serta posisi yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional untuk mencapai tujuan yang di harapakan dan di inginkan. Struktur Organisasi menggambarkan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerjaan antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi dibatasi.
3.      Pengorganisasian sebagai fungsi manajemen
Pengorganisasian yang merupakan salah satu fungsi manajemen yang sangat penting karena dengan pengorganisasian berarti akan memadukan seluruh seluruh sumber-sumber yang ada dalam organisasi, baik yang bersumber saya manusia ataupun yang bersumber daya lainnya ke arah tercapainya suatu tujuan.
Organisasi atau pengorganisasian dapat dirumuskan sehingga keseluruhan aktivitas managemen didalam pengelompokkan orang-orang serta penetapan tugas, fungsi, wewenang, serta tanggung jawab masing-masing dengan tujuan tercapai aktivitas-aktivitas managemen yang sebelumnya telah ditentukan terlebih dahulu.
SUMBER :
·         Robbins, P. Stephen & Coulter Marry. 2007. Manajemen. Edisi 8. Jakarta: Indeks
·         Mulyono. 2008. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar