DEFINISI PENGORGANISASIAN,
STRUKTUR ORGANISASI, & PENGORGANISASIAN SEBAGAI FUNGSI
MANAJEMEN
1. Pengorganisasian
Pengorganisasian merupakan sebuah aktivitas
penataan sumber daya manusia yang tepat dan bermanfaat bagi manajemen, dan
menghasilkan penataan dari karyawan. Hal pokok yang perlu diperhatikan dari
pengorganisasian :
a.
Menentukan
arah dan sasaran satuan organisasi,
b.
Menganalisa
beban kerja masing – masing satuan organisasi.Membuat job description ( uraian
pekerjaan)
c.
Menentukan
seseorang atau karyawan yang berdasarkan atas pertimbangan arah dan
sasaran,bebankerja, dan urian kerja dari masing – masing satuan organisasi.
2.
Struktur
Organisasi
Struktur Organisasi adalah suatu susunan dan hubungan antara tiap bagian
serta posisi yang ada pada suatu organisasi atau perusahaan dalam menjalankan
kegiatan operasional untuk mencapai tujuan yang di harapakan dan di inginkan.
Struktur Organisasi menggambarkan dengan jelas pemisahan kegiatan pekerjaan
antara yang satu dengan yang lain dan bagaimana hubungan aktivitas dan fungsi
dibatasi.
3. Pengorganisasian sebagai fungsi manajemen
Pengorganisasian yang merupakan salah satu fungsi manajemen yang sangat
penting karena dengan pengorganisasian berarti akan memadukan seluruh seluruh
sumber-sumber yang ada dalam organisasi, baik yang bersumber saya manusia
ataupun yang bersumber daya lainnya ke arah tercapainya suatu tujuan.
Organisasi atau pengorganisasian dapat dirumuskan sehingga keseluruhan
aktivitas managemen didalam pengelompokkan orang-orang serta penetapan tugas,
fungsi, wewenang, serta tanggung jawab masing-masing dengan tujuan tercapai
aktivitas-aktivitas managemen yang sebelumnya telah ditentukan terlebih dahulu.
SUMBER
:
·
Robbins,
P. Stephen & Coulter Marry. 2007. Manajemen. Edisi 8. Jakarta: Indeks
·
Mulyono.
2008. Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz
Media.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar